Laptop Gaming Terbaik : HP Omen 15

HP Inc.merupakan sebuah perusahaan teknologi yang bermarkas di Amerika Serikat. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2015 dan merupakan kepanjangan dari nama Hewlett Packard. Perusahaan ini bergerak dibidang teknologi dengan produk teknologinya …

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Selama Puasa Dengan Beberapa Makanan yang Tak Harus Mahal

Puasa wajib adalah ajaran agama yang tidak bisa ditinggalkan selama seseorang telah akil balig. Kecenderungan seseorang mau berpuasa juga ditentukan sejak kecil. Maka sebagai orangtua perlu mengajarkan sejak dini dengan latihan …

Ingin Melakukan Tune Up Mobil? Ini dia Komponen yang harus ditune Up

Melakukan tune up mobil sangatlah penting. Hal ini karena tujuan utama tune up mobil adalah untuk mengembalikan performa mobil. Selain itu, tune up juga bisa membuat mobil, mesin mobil, dan saringan …

Komponen yang Harus Diperhatikan Saat Proses Servis Mobil
0 Comments

Bagi anda para pemilik mobil, sangat disarankan untuk melakukan servis mobil berkala sejak pertama kali pembelian mobil baik itu mobil baru maupun mobil bekas. Biasanya servis pertama disarankan dilakukan saat mobil sudah menempuh jarak 10.000 km.

Namun bagi yang masih belum terlalu paham tentang mobil tentu akan bingung apabila membahas masalah servis mobil. misalnya komponen mana yang mengalami kerusakan, apa penyebab kerusakan, gejala apa yang timbul apabila suatu komponen bermasalah, dan pemilik mobil juga harus memahami apa yang dikerjakan oleh montir agar bisa menghindari penipuan dan memilih bengkel yang dipercaya.

Komponen Saat Servis Mobil

Beberapa komponen yang pertama harus dilakukan saat servis mobil yaitu:

  1. Memeriksa air radiator

Sebelum melakukan servis pada mobil, pertama-tama biasanya air radiator akan diperiksa terlebih dahulu yang dapat dilakukan pengecekan dengan melihat lubang pengisian air. Apabila jumlah air di dalam radiator berkurang maka bisa menambahkan air bersih atau cairan khusus radiator mobil.

Jumlah air radiator dapat dilihat dari ketinggian yang mencapai batas bawah leher tutup radiator artinya masih cukup. Apabila kurang dari itu maka sebaiknya menambah air radiator agar mesin mobil tidak sampai mengalami overheat dan kerusakan.

Periksa juga air radiator dan pastikan bahwa air masih bersih. Segera ganti dengan yang baru apabila air radiator sudah kotor. Apabila terdapat minyak dalam air ada kemungkinan terjadi kebocoran oli yang mengalir ke saluran pendinginan air. Apabila terjadi kebocoran biasanya akan segera ditangani oleh teknisi.

  1. Memeriksa oli mesin

Biasanya teknisi akan memeriksa oli mesin karena jika diperiksa setelah servis tune-up maka hasilnya akan menjadi kurang maksimal. Hal ini dikarenakan suhu kerja mesin akan mempengaruhi kondisi oli mesin. Suara yang dihasilkan oleh mesin juga dapat dipengaruhi oleh kondisi oli mesin. Suara mesin akan cenderung lebih keras, kasar, dan berisik apabila oli mesin sudah encer atau kotor.

Selain pemeriksaan kondisi oli juga akan dilakukan pemeriksaan volume. Volume oli tidak boleh kurang dan memiliki kapasitas yang cukup serta memiliki kekentalan yang masih baik agar dapat menghindari reaksi kimia dan juga bisa melindungi mesin dengan lebih maksimal.

  1. Kondisi visual mesin

Dalam servis berkala mobil biasanya mobil tidak langsung dihidupkan terlebih dahulu melainkan untuk melihat kondisi tampilan mesin. Mesin akan diperiksa dengan cermat dan teliti untuk memastikan bahwa mesin mobil aman untuk dihidupkan. Hal ini dilakukan juga sebagai tindakan pencegahan kecelakaan.

  1. Menghidupkan mesin

Apabila sudah dipastikan aman, mesin akan dihidupkan pada putaran stasioner kemudian putaran bisa ditambakan selama beberapa menit jika dibutuhkan. Sebaiknya hindari menghidupkan mesin pata putaran tinggi secara langsung untuk mencegah mesin aus karena pelumas yang masih belum mengalir hingga ke seluruh komponen mesin.

  1. Kaki-kaki

Kaki-kaki mobil baik itu booshing, tierod, ball joint, dan stabilizer juga harus diperiksa karena memiliki usia pakai dan disarankan untuk diganti setiap 5 tahun sekali atau setiap mobil menempuh 100.000 km. Namun dengan catatan jika mobil digunakan dengan wajar pada jalanan yang mulus.

Apabila mobil dikendarai pada jalanan yang rusak, bebatuan, atau jalanan yang terlalu kasar dapat mengurangi usia pakai kaki-kaki mobil bahkan hingga setengahnya. Apabila komponen-komponen tersebut sudah mulai aus maka akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan di mana tierod dan ball joint akan mengeluarkan suara berisik.

Kerusakan bisa bertambah menjadi lebih parah bahkan ban bisa copot jika tidak segera ditangani. Perbaikan bisa dilakukan dengan mengganti komponen yang bermasalah dengan produk bawaan pabrik dan diganti dengan bahan polyurethane agar bisa menghemat biaya hingga 50%.

Untuk melakukan servis mobil secara berkala dengan cepat dan mudah anda tidak harus lagi ke bengkel karena bisa menggunakan jasa montir panggilan yang ditawarkan oleh Montir.id. Montir.id dapat melakukan perawatan mobil mulai dari servis kaki-kaki, tune up, penggantian oli, hingga penggantian kaca mobil. Anda akan dilayani oleh mekanik yang handal yang telah berpengalaman dalam melakukan servis mobil. Harga yang ditawarkan juga terjangkau dan ramah di kantung.