Laptop Gaming Terbaik : HP Omen 15

HP Inc.merupakan sebuah perusahaan teknologi yang bermarkas di Amerika Serikat. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2015 dan merupakan kepanjangan dari nama Hewlett Packard. Perusahaan ini bergerak dibidang teknologi dengan produk teknologinya …

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Selama Puasa Dengan Beberapa Makanan yang Tak Harus Mahal

Puasa wajib adalah ajaran agama yang tidak bisa ditinggalkan selama seseorang telah akil balig. Kecenderungan seseorang mau berpuasa juga ditentukan sejak kecil. Maka sebagai orangtua perlu mengajarkan sejak dini dengan latihan …

Ingin Melakukan Tune Up Mobil? Ini dia Komponen yang harus ditune Up

Melakukan tune up mobil sangatlah penting. Hal ini karena tujuan utama tune up mobil adalah untuk mengembalikan performa mobil. Selain itu, tune up juga bisa membuat mobil, mesin mobil, dan saringan …

5 Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia 3 Tahun
0 Comments

 Anak umur 3 tahun tindakannya lebih bisa ditebak daripada anak umur 2 tahun. Ia mulai terfokus dengan apa yang dipegangnya dan tidak mudah teralihkan. Sudah tidak lagi mengacau dengan barang-barang yang pertama kali Ia lihat. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia 3 tahun.

  1. Gerak Motorik dan Aktivitas Fisik

Pada tahap usia ini umumnya anak sudah dapat berlari, melompat bahkan melewati anak tangga. Keterampilan tersebut biasanya didapatkan dari kegiatan berjalan-jalan yang bisa Anda temani. Anak sudah mulai bisa berlari karena aktivitas dari luar rumah seperti bermain. Untuk membantu meningkatkan koordinasi, ajaklah anak Anda bermain lempar tangkap.

  1. Logika dan Kognitif

Berkembangnya pemikiran serta kemampuan logika anak berasal dari bahasa dan kegiatan yang Ia pelajari. Anak usia itu tertarik kepada warna-warna cerah sederhana seperti balok mainan. Reaksi positif dari Anda ketika melakukan hal baik dapat menjadi pembelajarannya. Diberikan mainan bersifat sensorik juga menambahkan penalaran serta daya kognitifnya.

  1. Lingkungan Sosial dan Emosi

Anak umur 3 tahun mulai tertarik bermain dengan anak sebayanya. Kegiatan tersebut mendorong komunikasi menjadi lebih berkembang. Anak akan mempelajari hal baru ketika bertemu dengan orang yang baru dikenalnya. Hal yang masih umum dirasakan adalah ketakutan terhadap hal gelap atau cranky karena merasa lelah.

  1. Bahasa dan Komunikasi

Anak pada umur ini sudah baik dalam kemampuan komunikasi yang berasal dari keluarga maupun orang di lingkungannya. Ia mendengar komunikasi dari beberapa orang di sekitarnya. Peran Anda dalam mengajak dan bertanya kepadanya juga berpengaruh dalam perkembangan bahasa. Anak akan jelas bicara bahkan bertanya perihal sesuatu.

Orangtua yang mengajarkan membacakan anak buku dapat memancing minat bacanya. Ragam bahasa dapat Ia pelajari dari tutur kata yang Anda ucapkan. Bermain permainan kata juga membantunya mengembangkan bahasanya. Anda harus sering memberikan komunikasi dua arah agar anak mengerti menghadapi lawan bicaranya.

  1. Nutrisi

Nutrisi dan gizi untuk anak usia 3 tahun harus mencakup protein, karbohidrat dan lemak. Sarapan sehat penting baginya untuk memulai hari dan aktivitasnya. Anak mulai ingin mencoba makanan baru yang Ia ingin tahu. Bahkan cenderung mulai menolak makanan yang Ia rasa tidak cocok bagi lidahnya. Berat ideal anak 3 tahun adalah 12 hingga 15 kilogram.

Kalori yang dibutuhkan untuk anak usia ini adalah antara 1000 hingga 1400 per harinya. Nutrisi harian yang dibutuhkan adalah sekitar 4 hingga 5 ons. Berasal dari gandum utuh, secangkir buah, dua cangkir susu dan 3 hingga 4 ons kacang-kacangan. Kebutuhan daging dan protein yang diperlukan yaitu satu ons daging dan satu buah telur.

Itu tadi adalah 5 faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan anak usia 3 tahun. Selalu dampingi anak ketika bermain dan jangan meninggalkannya tanpa pengawasan orangtua. Beragam hal yang mulai bisa Ia lakukan adalah hasil dari perkembangan dan berbagai pengalaman yang Ia alami.